Senin, 15 Oktober 2018

NOTASI MUSIK 1


        Untuk menuliskan nada-nada, digunakan not sebagai satuan penulisan nada dan sistem pengaturan not itu disebut penulisan lagu atau notasi. Dengan notasi, kita dapat mengenal, membaca, mempelajari dan menyanyikan lagu. Notasi musik yang umum ada dua macam, yaitu notasi angka dan notasi balok.
NOTASI ANGKA (NUMERAL NOTATIONS)
    Notasi angka adalah sistem penulisan lagu/musik dengan menggunakan lambang angka. Angka yang dipakai adalah sebagai berikut:

 1      2       3       4       5       6       7       (0)
do    re     mi      fa     sol     la      ti     
(0) dalam notasi angka dgunakan sebagai tanda diam.
Notasi angka terdiri dari 3 oktaf, yaitu:





    Notasi balok adalah penulisan lagu/musik dengan menggunakan lambang-lambang pada balok-balok berupa jajaran baris. Agar dapat memahami penulisan not balok, kita harus mempelajari terlebih dahulu bagian-bagian yang ada pada sistem penulisan notasi balok tersebut.
 
  

      Nada adalah suara yang teratur panjang pendeknya, keras lembutnya dan tinggi rendahnya.

1.     Tinggi nada (pitch), ditentukan oleh frekuensi (banyaknya getaran bunyi per detik). Semakin banyak getaran, semakin tinggi nada itu.
2.     Keras lunak nada (intensitas), ditentukan oleh kuat lemahnya bunyi itu disuarakan. Atau sering disebut dengan dinamika.
3.     Panjang pendek nada (durasi), ditentukan oleh lamanya nada itu berbunyi atau bergetar. Semakin lama bunyi itu bergetar, semakin panjang suara atau nada tersebut berbunyi.
4.    Warna suara (timbre), ditentukan oleh sumber bunyi nada itu. Satu sumber bunyi mempunyai ciri khas tersendiri yang berbeda dengan sumber bunyi lain, tergantung pada bahan benda (kayu, logam, atau kulit), bentuk benda (tabung, kotak, balok, atau kerucut) dan cara memainkan (ditiup, dipetik, dipukul, atau digesek).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar