Senin, 22 Oktober 2018

TANDA BIRAMA

TANDA BIRAMA
Tanda Birama atau disebut juga dengan time signature adalah tanda untuk menentukan jumlah hitungan dan nilai pada setiap birama dari suatu baris melodi. Jumlah hitungan dan nilai setiap birama dibatasi dengan garis tegak lurus vertikal atau garis birama yang disebut juga dengan bar line. Jumlah hitungan dan nilai setiap birama atau bar, ditentukan dengan simbol berupa dua buah angka.
 
Contoh Tanda Birama :
  • Birama 4/4
Tanda Birama 4/4 adalah birama yang paling umum digunakan di hampir setiap genre musik. Tanda Birama 4/4 berarti terdapat 4 ketukan dalam setiap birama atau bar, dan dalam setiap hitungan atau ketukan tersebut, diwakili dengan not ¼ (dalam satu birama terdapat 4 buah not ¼).
 
  • Birama 3/4
Tanda Birama 3/4 berarti terdapat 3 ketukan dalam setiap birama atau bar, dan dalam setiap hitungan atau ketukan tersebut, diwakili dengan not ¼ (dalam satu birama terdapat 3 buah not ¼)
  • Birama 2/4
Tanda Birama 2/4 berarti terdapat 2 ketukan dalam setiap birama atau bar, dan dalam setiap hitungan atau ketukan tersebut, diwakili dengan not ¼ (dalam satu birama terdapat 2 buah not ¼)
  • Birama 6/8
Tanda Birama 6/8 berarti terdapat 6 ketukan dalam setiap birama atau bar, dan dalam setiap hitungan atau ketukan tersebut, diwakili dengan not 1/8 (dalam satu birama terdapat 6 buah not 1/8)
Dalam prakteknya, Tanda Birama 6/8 ini hampir mirip dengan Tanda Birama ¾. Perbedaan yang terasa adalah, pada saat memberi ketukan. Tanda Birama 6/8 akan terasa lebih cepat. Artinya, Tempo menjadi patokan antara Tanda Birama ¾ dan 6/8.
Garis Birama atau Barline, mempunyai beberapa macam sesuai dengan kegunaannya :
 

1 komentar: